Belajar dari Sepotong Roti


Hai blogger! apa kabar? udah lama ga nongol, gara-gara ada instagram, debi jadi jarang banget muncul disini buat sharing sesuatu. temen-temen notabennya anak kosan atau anak rumah sih? aku ingin sharing sedikit tentang kehidupanku di Depok dan kehidupan ngekos-ku disini. biar ga banyak basa-basi. yuk! 3... 2... 1.... mari cerita.

Debi udah mulai ngekos sejak 2015 lalu, iyak udah mau dua tahun aja. gaberasa. udah mau punya adik tingkat lagi. Oke. Debi ngekos di daerah deket kampus Debi yang letaknya di daerah Depok, masih Jawa Barat tapi udah semacam jabodetabek karena sebelahan sama Jakarta Selatan dan Jakarta lainnya. Tempat Debi ngekos itu lebih tepatnya di J. H. Mahali. Salah satu daerah di jalanan Margonda Depok, jalan panjang mirip soeta kalo di Bandung, yang rame walaupun udah malem dan sering macet karena bisa dibilang jalan utamanya Depok. Kosan ke kampus cuman sekitar 7-8 menit kalo kita jalan, tapi kalo kita naik ojek online itu bisa lumayan lama kayak 10 menitan karena harus muter dulu buat masuk si kampus kuning itu. Kosan debi "B" aja kalo dibandingin sama kosan-kosan lain. Cuman istimewanya kosan Debi kayak rumah, ga kayak kosan biasanya yg sekarang masuk langsung kamar atau ga masuk tapi langsung pintu kamar gitu. Kosan Debi rumah banget, ada kamar mandi bersama, ruang tv, dapur, halaman dan semua didapatkan dengan harga yang lumayan terjangkau dibanding kosan-kosan lain disekitar sini. Semenjak tinggal di kosan, banyak eksperimen yang Debi lakuin dari mulai masak, bikin bekel, sampe mager banget buat masak dan beli terus. Awal-awal masa kuliah Debi masih menjadi anak yang ideal dengan belanja bulanan beli stock mie, telor, kadang beli tempe/tahu terus masak nasi sendiri selain itu kadang Debi bikin cimol buat temen-temen Debi dikampus, niat, emang dasar. Setelah naik tingkat, semakin banyak tugas YHA ternyata wqwqwqwq. I have no idea. boro-boro masak. ada kali satu semester cuman beli makan gapernah bikin apa-apa. sesedih itu looh.. sering juga pulang ke Bandung cuman buat bisa dibikinin makanan sama ibu sehari-dua hari terus pulang lagi. Kalian tau kan Debi suka banget Mc. Flurry Oreo? walaupun buatbeli Mcd disini gampang banget tinggal jalan dari kosan. Tapi, Debi jarang banget beli eskrim. Ternyata. Bukan soal enak atau gaenak makanan itu. Tapi dimana dan sama siapa ternyata lebih bermakna. duh, apasih. wqwqwqwqwq. Ya intinya adalah Debi jadi jarang banget beli, masak atau bikin sesuatu yang biasanya Debi sukain disini. semua serba beli. apapun. Sampe di semester ini semuanya berubah. Beberapa kali Debi ikut pembekalan mengenai hidup sehat, pendidikan, gizi dari pakar-pakarnya masing-masing. Hal ini buat Debi jadi sadar kalo pola hidup Debi amat gabaik. Sejujurnya udah sering banget orang-orang terdekat Debi ngewanti-wanti buat jaga makan. Beberapa waktu kebelakang sebelum semester 4 ini Debi sering ga makan pagi dan langsung makan siang yang beneran siang. kadang ujungnya di akhir minggu Debi tumbang karena pola makan yang ga sehat didukung dengan banyaknya ngemil dimalem hari (ya alesan tambah gendut juga). Hal lain yang memperburuk adalah Debi juga jadi suka makan cuman sekali satu hari, tapi gakurus-kurus, aneh kan.

Nah, pada akhirnya. Semester ini Debi berusaha untuk merubah pola makan yang berantakan itu. Awal semester kemaren, berangkat dari ngeliat kebiasaan aupi (kaka Debi) yang suka makan oatmeal+susu milo kalo pagi, Debi akhirnya mikir kalo Debi harus mulai mengatur pola makan. Alasan lain yang membuat Debi ingin ngelakuin hal yang sama adalah hemat wqwqwqwq makan oatmeal belinya sekali bisa dimakan untuk berhari-hari + susu yang bisa dibeli langsung banyak jadi ga kerasa pengeluarannya. Diawal proses perubahan itu #eageleuhbgtperubahan agak sulit memang, Debi harus bangun lebih pagi buat bikin air panas dan nyeduh oatmeal, nyuci piring berangkat kampus. Awalnya udah optimis, wah bakal bisa jalan nih polanya. EH TAUNYA. Debi malah lebih sering skip makan oatmealnya karena telat bgt dan langsung berangkat ngampus. Bahkan pake bedak aja engga WOY. sedih kan Debi? huf parah bet anak gadis kalo kata ibumah. Akhirnya Debi nyerah, Debi berakhir dengan beli gorengan di kampus dan makan di kelas sebelum kelasnya mulai atau pas emang dosen lagi ngajar curi-curi makan. wqwqwqwq jangan diikutin. Tapi, Debi ngerasa wah abis nih uang bulanan kalo ga diatur dengan baik dan beli sarapan yang aneh-aneh dan diluar target harian. Akhirnya, Debi waktu itu jalan-jalan sendiri (biasa anaknya kalo stress antara pengen ditemenin sama orang tersayang sama pergi keluar sendirian. Berhubung gapunya yang tersayang di depok *wqwq* jadi akhirnya jalan-jalan sendiri) dan liat roti murah dan banyak. Sebelumnya temen kosan Debi sering ajak Debi sarapan pake roti yang dia punya dikosan. Dia anaknya selalu sarapan dan mengatur sekali dengan baik makanan yang mau dimakan. Risma namanya. Risma sering ajak beli roti biar Debi sarapannya ga bingung kalo pagi. Akhirnya pas disana kepikiran yang Risma bilang juga, jadi akhirnya belilah Debi roti yang lumayan banyak dan beberapa topingnya. Salah satu toping wajib adalah GULA wqwqwq kenapa gula? dulu kalo dirumah ibu selalu aja ada ide kalo meses abis dan ada roti dirumah wqwqwq pake gula dan itu enak banget. Nah karena itu kali kedua Debi beli roti dengan toping yang dilengkapin (re: gula, meses, mentega, selai strawberry) akhirnya makin semangatlah Debi bikin roti sebelum ke kampus. Dari roti inilah Debi jadi sedikit berubah. Debi jadi bangun lebih pagi biar bisa nyiapin roti buat dibawa bekel. Agak lama sih ternyata buat bikin roti sebelum ngampus belum nyiapin yang lain belum kalo telat bangun wqwq waste time. Tapi kadang kalo udah bangun lebih pagi dan berhasil bikin roti debi merasa bangga pada diri sendiri. WQWQWQ Akhirnya bikin makan sendiri nih Debi. Bahkan waktu itu pernah Debi bikin telor orak-arik pertama di tahun 2017 dan ngabarin ke kembaran Debi. Bangganya luar biasa karena saking jarangnya bikin masakan sedangkan kembaran Debi itu jago banget masakannya dari mulai kue kering, pastry, sampe masakan basah u_u malu deh.

Cerita tentang roti ga berhenti disana. Dari si roti inilah Debi jadi rajin bangun lebih pagi biar bisa ngoles mentega potong roti masukin kotak bekel. dan siap-siap hal lainnya. Ada effort lebih ketika Debi harus berangkat ke kampus. Terus setelah sering bikin roti tiap pagi (sampe hari ini , dan doain sampe terus2an) Debi jadi kepikiran gimana jadinya ibu-ibu yang setiap hari harus siapin sarapan buat keluarganya. Roti ini ngingetin debi bahwa ternyata magernya debi buat nyiapin sepotong roti buat Debi sendiri tuh gaada apa-apanya di bandingin sama ibu yang harus masak masakan buat satu keluarga. Diantara kesibukannya, ibu masih sempet masakin makanan bahkan yang lebih repot dari sepotong roti yang Debi bikin ditambah umpatan kata "males" dipagi hari. Sepotong roti ini ngajarin banyak pelajaran buat Debi. Menghargai makanan yang udah disiapin diatas meja setiap pagi sama ibu kita itu pasti hal yang membuat ibu kita bahagia. Karena, ga gampang masak pagi-pagi buta untuk anak-anak loh. Aku aja buat roti buat diri sendiri udah ngerasa kadang terbebani. Sepotong roti ini juga ngingetin Debi kalo Debi harus bersyukur dulu dari kecil sampe sebelum ngekos masih bisa dipasakin makanan sama ibu sampe akhirnya sekarang udah gabisa dipasakin setiap hari sama ibu. Sepotong roti ini ngajarin Debi bahwa ternyata Ibu-ibu diseluruh dunia ini amat hebat. gatau kenapa. Mereka hebat, bukan cuman masak pagi-pagi buat dirinya sendiri, tapi buat suaminya, anaka-anaknya yang mungkin juga ga cuman satu. Selain masak padahal mereka juga ngurusin hal lain. Teruntuk suami dari para ibu hebat, bersyukurlah allah telah memberikan pendamping hidup yang mau bersusah payah mengupayakan kesejahteraan keluarga dengan membuat sarapan dipagi hari.

So, dari sepotong roti itu, ambil-ah hikmahnya. Kalian yang masih bisa ngerasain sarapan dirumah, makanlah makanan buatan ibu kalian dan ucapin makasih. Instead of makannya keasinan atau kurang enak. Cobalah liat diri kalian. apa kalian mampu bikin itu buat diri kalian sendiri? kalo belum bisa? dan yang udah bisa masih kurang? coba hargailah. Setidaknya mereka sudah berusaha dibanding kita yang masih belum memasak dengan baik untuk diri sendiri.

Kata-kata terakhir dari Debi  malem ini adalah, Debi jadi rindu. Rindu pasakan ibu di Bandung. huhu.
Selamat malam temen-temen! selamat beraktivitas kembali besok di senin pagi yang cerah! ambil hal-hal bagus dari tulisan ini ya! cara penulisan yang buruk jangan di ambil huhuuhu.
Selamat malam!

Zahirah, 2017

Comments

Popular Posts