Tips dan Trik SBMPTN dari Pengalamanku lolos Psikologi Universitas Indonesia

draft ini merupakan salah satu draft postinganku di tahun 2016 (bulannya akhir tahun deh seingetku), sempet lupa pengen cerita soal SBMPTN.  agak cheesy sih karena tulisannya dibuat bertahun-tahun lalu, dimana keadaan sangat berbeda. Tapi aku ga ubah kontennya sama sekali, ini pure sama seperti konten yang dibuat tapi ga di post-post sama aku waktu itu. Biar jadi kenangan aja. Semoga suka.. selamat membaca..


[Cerita SBMPTN danSelf Reminder H-8 Ngampus]

Jadi, aku sempet gagal setelah lulus SMA. Aku ga lolos SBMPTN maupun SNMPTN. tapi waktu itu jurusan-jurusan yang aku ambil bukan yg aku pengenin (Psikologi) masih jurusan-jurusan kuliah pilihan keluarga. Di SMA aku masuk kelas IPA dan ngerasa ipa susah banget. Jadi pada saat SBMPTN sebelumnya itu emang ngerasa gabisa. Jadi wajar gak lulus. Walaupun udah berusaha dengan ngabisin waktu buat ikut tambahan sampe nginep di tempat les, yang ternyata akhirnya gaada yang masuk satupun. Setelah SBMPTN & SNMPTN galulus itu aku sempet daftar UM UPI pilih jurusannya Psikologi dan PLB(pendidikan luar biasa). Pas tes aku samsek ga belajar, semalemnya ada kegiatan sampe mau dini hari gitu dan pas ujianpun ngantuknya masyaallah.. akhirnya pas hasilnya keluar aku kepilih dipilihan ke-2 (PLB) seneng sih. Tapi bimbang diambil apa engga. Karena UM UPI itu mahal dan pertimbangan lainnya kalo di PLB outputnya setelah aku lulus aku cuman bisa jadi guru PLB aja. Akhirnya kaka aku nyaranin untuk nganggur dulu setahun untuk ngejar Psikologi. Psikologi juga bisa nantinya ngarah ke PLB kan? karena emang niat awal kuliah gamau ngerepotin orang tua akhirnya ga ambil UPI itu. Waktu itu sempet drop dulu. Ketika temen-temen yang lain bahkan kembaran aku udah masuk kuliah. Aku ngerasa sendiri banget. Rasanya beda pasti ketika dulu biasa ketemu orang setiap hari di sekolah terus skrg harus nganggur dan ga ketemu temen-temen yang notabennya lagi sibuk dengan kegiatan mahasiswa baru masing-masing.
one's of my favorite post! Aupi post ini, aku bersyukur dia senang karena kabar baik aku diterima psikologi.

Akhirnya aku mutusin untuk ikut berbagai kursus, sebelum les untuk SBMPTN tahun selanjutnya aku ke kampung inggris dulu dengan alasan mau les bahasa, padahal aku kabur. Gamau ketemu banyak orang dan ditanya “kuliah dimana?” “jurusan apa” sampe pada akhirnya pas di Pare aku sadar, ngehindar bukan solusi, harusnya aku bisa ngadepin apa yang skrg di jalanin. Bahkan harusnya persiapan buat ujian lebih awal biar makin mateng. Setelah sebulan di Pare akhirnya balik karena gakuat disana juga lama2 kangen orang2 Bandung. Baru deh dari sana aku ikutan les kaya bimbel gitu, bareng salah satu temen juga yang ternyata diapun pending kuliah dulu sama aku. Terus aku les. Disana belajarnya biasa aja sih. Cuman sering konsulnya. Dan setelah konsul pokoknya aku cari tipe belajar yang bisa bikin aku nyaman dan juga ngerti. Jadi aku belajar sbmptn itu konsisten. Gabanyak tapi konsisten. Aku bikin target2 yang aku janjiin ke salah satu  guru yang mau bimbing aku (padahal dia guru bahasa inggris tapi peduli banget). Setiap hari buku aku di cek. Aku ngasih target buat ngerjain 5 soal tiap mata pelajaran dalam satu hari. Dan itu terus dijalanin walaupun ga les dan weekend. Setiap soalnya itu bukan cuman diisi aja tapi dipahami jenisnya kalo bisa tuh pilihan2 gandanya di pahamin juga. Udah gitu, kalian harus matengin diri di mata pelajaran yang kalian bisa dan jangan sampe mengabaikan mata pelajaran yang kalian ga bisa. Contohnya: aku suka sosiologi, aku pelajari semua jenis soalnya, kalo akuntansi aku aga lama pahamnya, akhirnya aku nyari materi termudah di mata pelajaran akuntansi itu dan aku pahami, jadi ketika ujian nanti soal yang aku kerjain ya jenis soal yang aku bisa aja. Kalian ga harus kerjain semuanya. Menurut aku sendiri, kualitas lebih baik dari kuantitas. Lebih baik kamu ngerjain sedikit tapi bener semua dari pada ngerjain banyak tapi ada banyak salahnya. Ya walaupun salah satu -1 dan bener satu +4 tapi menurut aku ada proporsi kualitas di sbm (menurut aku ya). Nah dari sana jadi aku pas sbm seneng banget rasanya.
first time using Jaket Kuning polos
Alhamdulilah ngerasa bisa ngerjain semua soalnya (yang aku bisa) Gatau kenapa senyum terus, berdoa aja sepanjang jalan. Udah gitu tips nih! Jangan terlalu banyak makan berat sebelum ujian (apalagi yang soshum biasanya siang) soalnya makan berat bikin ngantuk (ini aku dapet tipsnya dari kakaku) tapi bawa bekel sedikit untuk ngisi perut pas istirahat. Terus ada satu lagi nih tips pas SBM, jangan tegang! Karena tegang membunuh segalanya.. temen aku ada yg nilai tonya selalu besar dll tapi pas ujian dia panik gitu akhirnya dia malah keterima di pilihan keduanya. Aku sendiri selama persiapan Try out ga pernah ngelebihin nilai untuk ke Psi UI paling sekali dua kali ngelebihin psikologi tapi itu juga cuman UNDIP dan BK UNJ. Oiya ada tips untuk pilihan di SBMPTN kalo bisa 2 pilihan dibawah kamu juga pilihan yang kamu suka tapi bisa terjangkau dengan kemampuan kamu. Contohnya aku masukin BK-UNJ karena nilai aku selalu lolos disana dan aku ngerasa BK adalah jurusan paling relate sama psikologi. Gitu…………:)
Sama satu lagi, amal, sikap, dan doa juga menurut aku berpengaruh banget buat hasilnya nanti. Sbmptn itu bukan cuman liat seberapa pinter kamu. Tapi banyak faktor lain, contohnya yang diatas, banyak2lah beramal, banyak2 bantu ketika ada temen kamu yang butuh bantuan, jaga juga sikapnya apalagi sama orangtua, dan berdoa juga supaya dimudahkan dan minta doa sama orang sekitar. Karena, ketika kalian mungkin nilainya ga mampu untuk bisa mencapai apa yang kalian inginkan, ada doa orang lain yang mungkin bisa jadi gerbang pembuka untuk mencapain apa yang terbaik untuk kalian itu:) dan kalau kalian ga keterima di tempat yang kalian pengenin, tenang aja.. berarti itu bukan yang terbaik buat kalian:)
Pada akhirnya, alhamdulilah, aku keterima di jurusan yang aku inginkan. dipilihan pertama. was. so... happy. bersyukur. alhamdulilah banget. Dengan segala usaha yang dicurahkan, rasa bersalah yang tinggi, keinginan yang kuat dan support dari orang terdekat. Aku ngerasa, I've done one thing. Setidaknya mencapai satu tujuanku, masuk PTN dan ga ngeberatin keluarga. Anyway di kampus alhamdulilah aku dapet beasiswa. Semua ini pastilah karena banyak faktor. Aku merasa beruntung, dan keterimanya aku di jurusan psikologi ini ingin aku hadiahin buat Ibu, Bapak, Teteh, Aa, Tehdib yang ga henti doain aku dan support tanpa lelah. Hanny, Qonita, Della, Dimas, Acuy, Puyo, Ceu, Mba, tim DTCT yang selalu support. Juga semua temen-temen deket, sahabat yang mau mendengarkan keluh kesahku saat belum diterima. Keluarga besar yang shock denger kabar kalo aku keterimana di kampus yang katanya kadernya golkar:( alhamdulilah ajaa di syukurin walaupun banyak orang bilang "gils gaul sekarang" "duh pinter si Debi mah" tapi jujur, aku tetep Debi yang sama, jangan beda-bedain yaa.. Inipun keterimanya aku hadiah buat kalian semua. Terimakasih banyak!

intinya adalah:

if there's a wil, there's a way. one of my favorite qoutes~




mungkin itu sedikit cerita dibalik aku gagal dan gimana cara aku belajar pas persiapan menuju SBMPTN, semoga bermanfaat yaaaaa:)

Debi Zahirah H
Psikologi UI 15

Comments

Unknown said…
Subhanallah kak sangat menginspirasi , terimakasih
Anonymous said…
Kalo boleh tau, ambil beasiswa apa ya kak? Thank you
Deb said…
Hai! terimakasih banyak sudah mampir disini! alhamdulillah:) sama-sama yaaa
Deb said…
kamu pun bisa jadi keren kok!

Popular Posts