yay! Psychology! University of Indonesia! (cerita kapan taun)

August, 2015

hai! Dear blog! Lama ga buka, lama ga curhat, lama ga cerita, dan lama ganulis. Banyak berita dan cerita yg pengen gue bagi. Tapi gue bingung mulai dari mana..
Baiklah..
Kita mulai dari hari ini ditahun yang lalu. Sebenernya gue ga inget persis apa yg terjadi di hari yg sama ditahun kemarin. Tapi yang pasti terjadi adalah.. gue batal kuliah. Gue gagal sbmptn dan gue gapegang swasta sama sekali dan gue ga ambil um upi yg sebenernya gue diterima. Rasanya kaya seluruh dunia berhenti beraktifitas. Gue gaada harapan mau gimana, semua temen2 gue kuliahh, sibuk dengan ospek mereka masing masing, begitupun dengan kembaran gue yang mengambil swasta. Waktu itu gue sangat amat ngedrop. Bisa ampir seharian nangis gamau kemana mana. Cuman pengen sendiri. Itu yg ada dipikiran gue saat itu. Males ketemu orang dan ditanya ini itu. Sampe akhirnya.. bala bantuan berdatangan. Dari mulai berbagai wejangan dari teh ama dan aupi dan juga tehdib yg selalu ngeyakinin gue buat ngapain malu. Terus akang juga yang selalu support gue dan nemenin gue. Begitu juga dengan temen temen gue yang dipadus, kelas X dan masih banyak lagi. Gue disuruh milih mau ambil kursus apa buat persiapan kuliah taun depan. Akhirnya gue buka pikiran gue. Ga mentok dengan kegagalan yg gue dapetin. Akhirnya gue decide buat pergi dulu sebentar ke Kampung Inggris Pare, di Kediri Jawa Timur. Jujur, asli, gue kesana dengan maksud lain. Kabur. Kabur dari semua hiruk pikuk orang orang yg kalo ketemu bisa dengan mudah recognize gue karna gue kembar dan pas sekolah terlihat mencolok karena ada dua. Dan kadang gatau waktu suka berisik. Mereka pasti bakal tanya pertanyaan mainstream. Kuliah dimana sekarang? Yeea well. I'm not ready that time.

Disana, gue beradaptasi dengan berbagai macam jenis orang dari berbagai daerah di indonesia. Gue jadi tau bahasa bahasa baru, kebiasaan kebiasaan daerah lain. Dan merasa bahwa betapa sundanya gue garagara kalo ngomong pasti belakangnya "akumah" "atulah" "da" dan masih banyak lagi yg ternyata buat orang daerah lain itu sangat aneh. Well. I learn a lot that time. Si manja ini dipaksa buat survive ngurusin semuanya sendiri disana. Dari mulai beresin kamar, bangun pagi, cuci baju, daftar ini itu, ngurusin pemesanan tiket, dan masih banyak lagi. Gue sangat ngerasa beruntung bisa ngabisin sebulan penuh disana, belajar, belajar, dan belajar.. guru gue di camp pernah bilang. "Ga ada yang hebat didunia ini, yang ada hanya mereka yang terus belajar, dan berlatih" dan dari itu semua gue membayangkan jurusan kuliah apa yang bakal gue ambil tahun depan. Walaupun sebenernya sebelum sbm pun gue punya jurusan yang dipengenin. PSIKOLOGI UNIVERSITAS INDONESIA.
Balik dari sana, gue siapin diri buat ketemu orang orang yg bener bener pada nimba aer buat nampung kangennya ke gue. Begitupun gue sebaliknya yang kangen suasana Bandung yang selalu penuh dengan cerita. Berbagai surprise gue dapetin, karna beberapa hari sebelum balik gue ulang tahun di pare. Gue gatau harus ngomong apalagi.. gue cuman bisa bersyukur atas segala nikmat yang allah kasih melalui mereka semua (read: sahabat dan temen temen gue)
Galama setelah balik gue langsung ambil bimbel. Dan kursus vokal karena gue seneng nyanyi dan udh ga sma lagi whicies gue gabisa padus tiap minggu.
Awal awal gue bimbel. Gue ngerasain sepi... gue ngerasa, "loh pada kemana? Gue sendirian ini?" Dan derai air mata selalu menemani hari hari gue kalo gue inget betapa sepinya hari hari gue sendirian waktu itu. Kadang ketika gue denger orang bilang "ih pada gangerti aku bosen" "ga ada yg nemenin" pengen rasanya teriak dikuping dia "woy! Gue aja yang kemana mana nyari tempat les ini itu sendiri biasa aja gamau bilang bosen" ya begitulaah suara remaja labil didalam hatinya.
Tpi akhirnya, gue menikmati kegiatan kegiatan rutin gue yang gue jalanin selama persiapan kuliah. Kadang sepi, dan kadang gue seneng karena kadang beberapa orang penting selalu ada untuk support gue sampe sejauh ini. Belum lagi dua orang kesayangan gue yg sudah menyerah ditelan swasta yang selalu ngasih motivasi kalo ya gue harus bisa. Bisa buat gapai cita cita gue. Segala cara mereka lakuin dari mulai nyoret nyoret buku bimbel gue dengan tulisan jurusan dan universitas yg gue pengenin, terus bikin tulisan2 gitu dikertas dan nempelin di dinding kamar gue, dan gue yang liat cuman ngelamun aja "ini bisa ga ya gue dapetin" "bisa ga ya gue wujudin cita cita mereka" "bakal ga ya gue kecewain lagi orangtua gue?" Semuanya kebungkus rapi. sampe akhirnya gue mengesampingkan beberapa hal.. dari mulai ketemu temen gue kurangin. Nonton film gue kurangin, kumpul2 gitu sama anak mesjid gue jarang dateng. Kadang banyak cibirannya, bilang gue sombonglah, inilah itulah.. padahal.. disitu gue nangis. Gue punya beban berat banget. Buat bisa buktiin kemereka. Bahwa apa yg mereka harepin bisa gue wujudin.
Akhirnya detik detik menuju ujian tulis selanjutnyapun datang. Gue ogah ogahan alesannya cape. Bosen belajar, gue ketemu banyak temen2 baru yang bisa dibilang sangat bersemangat ketika belajar. Gue kadang merod. Takut gabisa. Tapi akhirnya kita saling support. Sampe detik detik menjelang sbm itu, gue kurangin waktu belajar gue diluar rumah. Gue malah lebih banyak ngabisin waktu sama akang, yang masih dengan tujuan awal Akmilnya. Yang sangat gue harepin buat dia lolos. Tapi, hasil berkata lain. Buat tahun ini, dia belum bisa wujudin cita citanya. Dia sempet down beberapa hari. Gue ngerasa bersalah karna gabisa ada waktu dia lagi down downnya. Cuman gue berusaha ajak dia belajar. Biar setidaknya dia bisa saat sbm. Tapi ya itu tadi.. pasti dia ngerasain hal yang sama ketika dulu gue galolos sbm. Jadi, wajarlah dia lebih seneng main dibanding belajar. Dia sangat butuh istirahat dari latihan fisik yang biasanya dia lakuin sebelum  tes dimulai. Sampe waktunya hampir tiba. Akang dengan setia nemenin gue. Bisa dibilang tiap hari gue ketemu sama dia. Bosen ga? Engga. Yagitu ajaaaa seneeng.
Jeng jeng! Hari ujian dateng, hari sebelumnyapun akang tetep nemenin gue survey, sebenernya dia juga survey. Banyak temen2 yg tau galupa nyemangatin, ngasih doa dan segala macem semangat2 yang biasanya bikin nervous. Tapi waktu itu gue bikin diri gue sendiri nyantai. Gabikin sbm jadi beban sama sekali.
Sbm pun terlaksana. Setelahnya, gue langsung menyelebrasikan dengan makan seblak kesukaan gue di daerah kliningan bandung. Dengan.. akang (seperti biasa, partner seblak kedua setelah Qonita) yang ikut sbm juga tapi dapet jadwal pagi. Dengan baiknya nungguin gue di kantin sekolah saat ujian soshum gue berlangsung (dia saintek) sampe keboboan lucu bangeet. Gue senyum senyum ngerjain soalnya. Gatau kenapa. Soal hasil, gimana yang diatas. Yang penting gue udah berusaha.

Dan bulan lalu, gue yang sibuk dengan kegiatan sanlat di mesjid dengan temen temen remaja mesjid harus siap buat tau hasil ujian bulan lalunya lagi. Oiya gue belum kasih tau, gue daftar sbm dengan 3 pilihan soshum. Yang pertama, Psikologi Universitas Indonesia. Kedua, Psikologi Universitas Diponegoro. Dan yang terakhir, Bimbingan Konseling UNJ. Jujur aja saat itu gue takut (tapi ditutup tutupin) kalo gue bilang ke orang kalo gue milih UI sebagai pilihan pertama. Karna usaha yang gue lakuin sebelumnya belum pernah ada yg menunjukan bahwa gue bisa tembus dengan peluang O,OOOOOO1% gaada sama sekali. Perasaan gue antar, gagal lagi, ngecewain mereka lagi, dan berhasil. Pas h- beberapa jam pengumuman, gue ampe ngomong sendiri di kaca kamar. "Deb, ikhlash ya, pasrahin sama allah. Kalo ga keterima gak apa apa. Kalo keterima alhamdulilah" dan tangisanpun membasahin pipi gue yang yang tembem ini. semua harepan ibu, babeh, teteh, aa, tehdib,hanny, akang dan temen temen lain yang selalu ngedoain gue dan ngedukung gue buat masih sana kebayang-bayang dikepala gue.

setelah pengumuman...... yay I got it!
alhamdulillah bisa wujudin mimpi hanny yang gak jadi masuk UI, bisa banggain tehdib yang suka banget nyebarin info kalo gue pengen masuk UI, bisa bikin ibu-bapa lega juga karena bisa masuk universitas negeri, bisa bikin teteh aa seneng juga yang sekarang tinggalnya deketan sama kampus gue dan bisa bikin akang sedih juga karena harus jauhan..
semoga, semua harapan yang pengen diwujudin buat bisa bermanfaat buat orang lain bisa dilancarin, dimudahin selama masa kuliahnya, dan jadi makin mandiri disini.

btw itu lebih mirip anak SD (foto diambil setelah berakhirnya kegiatan OKK UI 2015)
Dan hari ini, setelah perjalanan panjang gue selama setahun terakhir. Gue sudah resmi menjadi Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Bismillah! Mohon doanya agar semuanya dilancarkan disini yaa!:)

Comments

Popular Posts