Aturan siapa yang kamu ikuti?



Bandung, Jumat, 20 Juli 2018
0:20
disebelah kasur, dengan make up yang belum dibersihkan dan pikiran yang terbagi antara menulis dan packing menuju Depok besok pagi. Teruntuk pembaca, semoga bisa mengambil banyak pelajaran dari tulisan ini.



Setiap orang yang menciptakan sesuatu punya hak untuk membuat aturan pada hal yang sudah dibuatnya. Seperti seorang Bapak yang membuat permainan bagi anak-anaknya, Bapak itu juga yang mempunyai aturan bagi permainan yang dibuatnya.

Tugas anak itu apa?
anak itu perlu menaati aturan yang dibuat oleh Bapaknya.

Lalu apa yang bisa bapak tersebut lakukan?
Bapak itu bisa membuat aturan apa saja, menentukan anaknya menang atau tidak, benar atau salah, dapat hadiah atau diberi hukuman.

Semuanya bisa Bapak itu buat karena dia pencipta permainannya.

Paham? terbayangkah?
Bagaimana dengan kita?

di dunia ini,
siapa pencipta kita? lalu jika kita berada di dunia ini, maka,
aturan siapa yang seharusnya kita taati?

Duhai, pertanyaan2 juga pemaknaan diatas disampaikan oleh salah satu orang yang hari ini memberikan pembelajaran baru untuk seorang Debi setelah permainan selesai dimainkan.
Pagi ini Debi berkesempatan untuk belajar bersama di kantor tempat Debi magang. Masyaallah. Debi ingin nangis ketika mendengar beberapa percakapan.

"kamu mau kuliah?"
"kamu mau dapet jodoh cepet?"


"terus apa yang harus dilakuin, biar dapet kuliah, dapet jodoh cepet, dapet uang banyak?"

jawabannya simple "kerja kang, dicari kang, belajar kang" dan sebagainya.

lalu dengan simplenya pula Kang Harri, yang merupakan pemateri di sesi ini dan juga merupakan CEO dari kantor tempat Debi magang, bertanya lagi "kata siapa? siapa yang buat aturan itu?"

semua hening.

benar, semua aturan yang buat manusia, aturan yang kita ikuti ternyata bukan aturan yang Allah tetapkan untuk membuat kita mendapatkan apa yang kita inginkan.

memang aturan Allah apa?

sesimple beribadah padanya, mendekatkan diri padanya ketika membutuhkan sesuatu baik dalam kondisi yang ada diatas maupun dibawah. Menyempatkan diri untuk melapangkan waktu untuk beribadah dengannya dan mengutamakan ketentuannya.

"kamu malah sibuk kerja, biar dapet banyak uang buat ini, buat itu, buat ini buat itu"

"ridho ga Allah ngabulin permintaan kamu, ketika kamu minta ke Allah yang mau kasih kamu rezeki, tapi kamunya ga ngikutin aturan Allah malah sibuk terus terusan kerja, ridho ga?"

nah. Diataas beberapa percakapan yang tiba-tiba menyadarkan Debi, selama ini.. apasih yang Debi lakuin, Ya rabb. Debi lagi ngikutin aturan siapa nih untuk jadi lebih baik? untuk punya kesuksesan? untuk bahagiain orangtua? untuk dapet banyak prestasi, untuk didekatkan dengan jodoh debi? kayaknya bukan aturan Allah. Ya wajar kalo Allah jauhkan itu.

Memang bener rasanya ga se adem ketika kita pasrahkan semua hal ke pemilik semua hal yang ada di muka bumi ini, memang rasanya kita perlu setidaknya sedikit demi sedikit mendekatkan diri pada pemilik aturan, jika.... jika kita ingin menjadi juara dimatanya, menjadi yang benar dimatanya, menajdi yang terbaik dihadapannya.

Masyaallah, materi yang dibagi sama Kang Harri selaku CEO dari ButterflyAct Group ini sangat bikin Debi merasa bersyukuuuuur bersyukur bersyukur bangeet bisa berkesempatan belajar, dapet temen dan juga ketemu temen-temen di kantor yang masyaallahnya punya misi dan visi yang bukan cuman buat ngeraih yang ada di dunia tapi akhirat juga. Hal lain yang membuat Debi bersyukur adalah hari ini dapet materi yang mungkin.... banyak orang perlu bayar ratusan ribu, jutaan rupiah cuman buat satu sesi kegiatan ini, tapi Debi dengan cuma-cuma bisa diajarin, main, belajar dengan seseorang yang bantu banget merubah berbagai pandangan Debi soal segala hal dan mengingatkan Debi untuk melihat keatas, yaitu kepada-Nya. Masyaallah Bersukur banget, terharu.

Pembelajaran hari ini didapetin karena hari ini ada kegiatan BES di kantor. BES itu merupakan singkatan dari Butterfly Enrichment Session, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan upgrading internal karyawan ButterflAct Group. Sebagai mahasiswa magang Debi berasa beruntung. Alhamdulilah.

Tulisan ini sudah pasti belum sempurna, tapi semoga makna dan pelajarannya bisa diambil dan bisa jadi tamparan bagi diri Debi sendiri juga temen-temen pembaca yang lain. Karena belajar dari hal-hal kecil ternyata bisa membuat kita semakin kaya dan semakin menjadi pribadi yang lebih baik.

Terimakasih untuk hari ini, keluarga di kantor magangku. Senang bisa berbagi hal baik bersama.

Tertanda,

Debi.
Mahasiswa magang
Suka izin buat ke wisudaan
Tapi banyak tertampar
dan banyak belajar
jadi semoga bisa ikhtiar
hehehe

sending love!

Selamat malam, sampai bertemu besok pagi, Depok!

Comments

Popular Posts